Puteri Mandi: Kekayaan Makanan Manis Malaysia

Makanan tradisional Malaysia terkenal dengan keunikan rasanya yang memikat, dan salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Puteri Mandi. Puteri Mandi adalah hidangan manis yang terbuat dari bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi yang memberikan kenikmatan bagi siapa pun yang mencobanya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi asal-usul, proses pembuatan, variasi, dan manfaat kesehatan dari Puteri Mandi yang lezat ini.

Asal-Usul Puteri Mandi

Asal-usul Puteri Mandi boleh ditelusuri kembali ke zaman dahulu di Malaysia. Hidangan ini mempunyai akar yang dalam dalam budaya masyarakat Melayu tradisional. Secara tradisional, Puteri Mandi telah menjadi hidangan yang dipersembahkan semasa upacara perkahwinan dan majlis adat istiadat. Asal-usul Puteri Mandi dipercayai berasal dari pengaruh budaya India, khususnya makanan manis seperti mithai atau halwa.

Dalam budaya Melayu, Puteri Mandi dianggap sebagai hidangan yang berharga dan mewah. Nama “Puteri Mandi” sendiri menggambarkan keanggunan dan kelembutan hidangan ini. “Puteri” merujuk kepada puteri atau puteri raja, sementara “Mandi” merujuk kepada proses mandian atau penyiraman adunan tepung beras dengan santan manis.

Secara tradisional, Puteri Mandi disajikan semasa majlis istiadat atau perayaan sebagai simbol kemurahan hati dan kegembiraan. Hidangan ini juga dikaitkan dengan kecantikan dan keanggunan wanita, yang sepadan dengan konotasi “Puteri” dalam namanya. Seiring dengan perkembangan zaman, Puteri Mandi kini lebih mudah dijumpai di kedai makanan dan restoran di seluruh Malaysia, serta menjadi hidangan penutup yang popular di kalangan penduduk tempatan dan pelancong.

Dengan asal-usul yang kaya dalam budaya Malaysia, Puteri Mandi telah menjadi simbol kulinari yang menggambarkan keindahan dan keunikan warisan Melayu. Hidangan manis ini terus mempesona lidah orang Malaysia dan terus menarik minat para pelancong dari seluruh dunia yang ingin menikmati kelezatan sejati makanan tradisional Malaysia.

Bahan-Bahan Utama

Puteri Mandi - Fraser & Neave

Berikut adalah senarai bahan-bahan utama yang diperlukan untuk membuat Puteri Mandi beserta kuantitinya:

Bahan-Bahan Kuantiti
Tepung beras 1 cawan
Santan 2 cawan
Gula merah 200 gram

Pastikan untuk memperoleh bahan-bahan yang segar dan berkualiti tinggi untuk menghasilkan Puteri Mandi yang lezat.

Proses Pembuatan Puteri Mandi

Berikut adalah langkah-langkah dalam proses pembuatan Puteri Mandi:

  1. Campurkan tepung beras dengan air secukupnya dalam satu bekas. Kacau rata sehingga membentuk adunan yang lembut dan tidak berketul-ketul.
  2. Panaskan periuk dengan api sederhana dan tuangkan santan ke dalam periuk. Panaskan santan sehingga mendidih.
  3. Setelah santan mendidih, tuangkan adunan tepung beras sedikit demi sedikit ke dalam santan yang panas. Kacau segera untuk mengelakkan adunan daripada berketul.
  4. Teruskan memasukkan adunan tepung beras ke dalam santan panas sambil dikacau. Pastikan adunan diadun dengan rata dan tidak ada ketulan yang terbentuk.
  5. Biarkan adunan mendidih dalam santan dengan api sederhana. Kacau perlahan-lahan selama kira-kira 15 minit atau sehingga adunan menjadi kental dan lembut.
  6. Setelah adunan telah masak, tuangkan adunan ke dalam acuan yang telah disapu dengan sedikit minyak untuk mengelakkan adunan melekat.
  7. Biarkan adunan dalam acuan sejuk selama beberapa minit hingga ia agak keras.
  8. Setelah adunan agak keras, gulingkan adunan ke dalam gula merah yang telah dicairkan. Pastikan adunan benar-benar diliputi dengan gula merah.
  9. Angkat Puteri Mandi dari gula merah dan hidangkan dalam pinggan saji.
  10. Puteri Mandi siap untuk dinikmati sebagai hidangan penutup yang manis dan lezat.

Ikuti langkah-langkah di atas dengan teliti untuk memastikan Puteri Mandi yang anda hasilkan mempunyai tekstur yang kenyal dan rasa yang sedap.

Variasi Puteri Mandi

Resepi Kuih Puteri Mandi Menggamit Kenangan Ramadhan - DariDapur.Com

Puteri Mandi mempunyai beberapa variasi menarik yang dapat dicuba. Berikut adalah beberapa variasi Puteri Mandi yang popular:

Puteri Mandi Pulut Hitam: Gantikan tepung beras dengan beras pulut hitam. Hasilnya adalah Puteri Mandi dengan warna yang unik dan rasa yang kaya. Pulut hitam memberikan tambahan tekstur dan kelembutan yang memikat.

Puteri Mandi Durian: Tambahkan potongan durian segar ke dalam adunan Puteri Mandi. Ini akan memberikan hidangan dengan aroma durian yang kaya dan rasa yang lezat. Bagi pencinta durian, ini adalah variasi yang wajib dicuba.

Puteri Mandi Pandan: Tambahkan ekstrak daun pandan ke dalam adunan Puteri Mandi. Daun pandan memberikan aroma yang harum dan memberikan variasi rasa yang menarik. Puteri Mandi pandan sering kali mempunyai warna hijau yang menarik.

Artikel lain:  Mee Kolok: Hidangan Mee yang Khas dalam Masakan Melayu Malaysia

Puteri Mandi Kelapa: Campurkan serutan kelapa ke dalam adunan Puteri Mandi. Kelapa memberikan tekstur yang kenyal dan rasa yang segar. Ini adalah variasi yang menyegarkan untuk dinikmati terutama dalam cuaca panas.

Puteri Mandi Coklat: Tambahkan serbuk koko ke dalam adunan Puteri Mandi. Ini akan memberikan rasa coklat yang kaya dan memuaskan. Puteri Mandi coklat adalah pilihan yang baik bagi pencinta coklat.

Eksperimen dengan variasi-variasi ini untuk menambahkan keunikan dan kelezatan kepada hidangan Puteri Mandi. Setiap variasi memberikan sentuhan yang berbeza, tetapi semuanya tetap mempertahankan keindahan dan keaslian Puteri Mandi yang sebenarnya. Selamat mencuba dan nikmati kelezatan Puteri Mandi dalam pelbagai variasi yang menarik!

Keunikan dan Kelezatan Puteri Mandi

Puteri Mandi memiliki keunikan dan kelezatan yang membuatnya begitu istimewa. Berikut adalah beberapa keunikan dan kelezatan Puteri Mandi yang membuatnya menjadi hidangan yang sangat diminati:

Tekstur Kenyal: Puteri Mandi memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Ketika dimakan, adunan tepung beras yang kenyal memberikan sensasi yang menyenangkan di mulut. Teksturnya yang unik ini membuatnya berbeda dari hidangan penutup lainnya.

Rasa Manis yang Kaya: Puteri Mandi memiliki rasa manis yang kaya dan memikat. Santan manis yang dipadukan dengan gula merah menciptakan kombinasi rasa yang sempurna. Setiap suapan Puteri Mandi memberikan kepuasan yang luar biasa bagi lidah.

Aroma yang Menggoda: Ketika Puteri Mandi disajikan, aroma harum dari santan dan gula merah akan tercium dengan lezatnya. Aroma ini menambahkan keasyikan saat memulai makanan dan membuatnya lebih menggugah selera.

Kelezatan Tradisional: Puteri Mandi adalah hidangan tradisional yang telah lama ada dalam budaya masyarakat Melayu. Kelezatan tradisional ini memberikan pengalaman yang autentik dan terasa seperti membawa kita kembali ke akar budaya kuliner Malaysia.

Keserbagunaan dalam Penyajian: Puteri Mandi dapat disajikan dalam berbagai cara. Ia dapat dihidangkan dalam bentuk bulatan kecil, irisan tipis, atau diatur dengan kreatif dalam hidangan lain. Keserbagunaan ini memungkinkan kita untuk menikmati Puteri Mandi dengan berbagai tampilan yang menarik.

Puteri Mandi adalah hidangan penutup yang lezat dan menggoda yang menjadi favorit di kalangan penduduk Malaysia. Keunikan teksturnya yang kenyal, rasa manis yang kaya, aroma yang menggoda, dan kelezatan tradisionalnya menjadikannya hidangan yang tidak dapat dilewatkan. Nikmati Puteri Mandi sebagai hidangan penutup yang memuaskan dan penuh kenikmatan.

Manfaat Kesehatan Puteri Mandi

Cara Buat Kuih Puteri Mandi Sedap & Mudah Untuk Berbuka

Puteri Mandi, meskipun merupakan hidangan manis, juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang dapat dinikmati. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari Puteri Mandi:

  1. Sumber Energi: Santan yang digunakan dalam Puteri Mandi mengandung lemak sehat dan juga merupakan sumber energi yang baik. Ini memberikan dorongan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari.
  2. Zat Besi: Gula merah yang digunakan sebagai pemanis alami dalam Puteri Mandi mengandung zat besi. Zat besi adalah mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  3. Kalsium: Gula merah juga mengandung kalsium, mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Mengonsumsi Puteri Mandi dengan gula merah memberikan kontribusi tambahan terhadap asupan kalsium harian.

Namun, penting untuk mengonsumsi Puteri Mandi dengan bijak dan seimbang, karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi. Ini dapat mencakup asupan harian kalori dan gula yang direkomendasikan. Sebaiknya dinikmati dalam jumlah yang moderat dan sebagai hidangan penutup sesekali.

Puteri Mandi dapat menjadi pilihan yang lezat dan menyenangkan untuk dinikmati sebagai hidangan penutup, sambil memperoleh beberapa manfaat kesehatan dari bahan-bahannya. Tetaplah menjaga pola makan seimbang dengan memperhatikan jumlah dan variasi makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Tips Penyajian Puteri Mandi

Berikut adalah beberapa tips untuk menyajikan Puteri Mandi dengan sempurna:

  1. Porsi Kecil: Sajikan Puteri Mandi dalam porsi kecil di atas piring kecil atau mangkuk kecil. Ini membantu menjaga tampilan yang menarik dan memudahkan untuk dinikmati sebagai hidangan penutup.
  2. Siraman Santan dan Gula Merah: Sebelum disajikan, siramkan Puteri Mandi dengan secukupnya sirup santan dan gula merah. Pastikan hidangan tercakup dengan baik untuk menambah kelembutan dan kelezatan rasa.
  3. Sajikan dalam Keadaan Hangat: Puteri Mandi lebih nikmat saat disajikan dalam keadaan hangat. Anda dapat menghangatkannya sebentar sebelum menyajikannya untuk memperkaya sensasi rasa dan teksturnya.
  4. Hiasi dengan Hiasan Tambahan: Untuk memberikan sentuhan visual yang menarik, Anda dapat menambahkan hiasan tambahan seperti serutan kelapa, daun pandan, atau hiasan buah-buahan segar di atas Puteri Mandi. Ini akan menambahkan keindahan pada tampilan hidangan.

Dengan mengikuti tips penyajian ini, Anda dapat memastikan Puteri Mandi disajikan dengan tampilan yang menarik dan rasa yang sempurna. Selain itu, jangan lupa untuk menikmati hidangan ini dengan santai dan nikmati kelezatannya!

Artikel lain:  Chicken Chop: Satu Nikmat Makanan Malaysia yang Sedap

Kombinasi Makanan dan Minuman yang Cocok

4 Resepi Puteri Mandi (Kuih Dari Kelantan & Terengganu)

Puteri Mandi dapat dinikmati sendiri sebagai hidangan penutup yang lezat, tetapi juga dapat dikombinasikan dengan makanan atau minuman lainnya untuk pengalaman yang lebih memuaskan. Berikut adalah beberapa kombinasi makanan dan minuman yang cocok dengan Puteri Mandi:

Teh Tarik: Kelezatan Puteri Mandi yang manis dapat disandingkan dengan keharuman teh tarik Malaysia yang khas. Kombinasi ini memberikan kontras yang menyegarkan antara manisnya Puteri Mandi dan kehangatan teh tarik.

Es Krim Vanila: Padukan Puteri Mandi dengan es krim vanila yang lembut dan krimi. Gabungan rasa manis dan lembut dari Puteri Mandi dengan kelembutan es krim vanila menciptakan harmoni rasa yang luar biasa.

Buah Segar: Sajikan Puteri Mandi dengan potongan-potongan buah segar seperti mangga, pisang, atau buah naga. Kombinasi ini memberikan kesegaran dan keasaman buah yang menyelaraskan rasa manis Puteri Mandi.

Minuman Teh Ais: Padukan Puteri Mandi dengan teh ais yang segar dan menyegarkan. Kombinasi ini memberikan sensasi rasa yang seimbang antara manis dan segar.

Air Kelapa Muda: Nikmati Puteri Mandi dengan segelas air kelapa muda yang dingin. Kombinasi ini memberikan sensasi kelembutan dan kesegaran yang sempurna.

Setiap kombinasi makanan dan minuman ini memberikan variasi dan kepuasan yang berbeda saat menikmati Puteri Mandi. Pilihlah kombinasi yang sesuai dengan selera Anda dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan kombinasi lainnya.

Resep Puteri Mandi

Berikut adalah resep untuk membuat Puteri Mandi yang lezat:

Bahan-bahan:

  • 1 cawan tepung beras
  • 2 cawan santan
  • 200 gram gula merah, diparut

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung beras dengan sedikit air dalam sebuah bekas. Kacau hingga adonan menjadi lembut dan tidak berketul-ketul.
  2. Panaskan santan dalam periuk dengan api sedang hingga mendidih.
  3. Tuangkan adonan tepung beras sedikit demi sedikit ke dalam santan yang mendidih. Kacau terus hingga adonan tercampur rata.
  4. Masak adonan dalam santan dengan api sedang sambil terus diaduk. Pastikan adonan tidak lengket di dasar periuk dan matang merata. Ini memakan waktu sekitar 15-20 minit.
  5. Angkat adonan dari api dan biarkan sedikit mendingin.
  6. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil menggunakan tangan yang sudah diolesi dengan minyak agar tidak lengket.
  7. Rebus air dalam periuk hingga mendidih. Masukkan bulatan adonan ke dalam air mendidih dan masak hingga mengapung dan matang sepenuhnya. Angkat dan tiriskan.
  8. Panaskan gula merah parut dengan sedikit air dalam panci hingga larut dan membentuk sirup.
  9. Masukkan bulatan adonan yang sudah matang ke dalam sirup gula merah panas. Aduk rata hingga seluruh permukaan bulatan terlapisi dengan gula merah.
  10. Angkat Puteri Mandi dari sirup gula merah dan sajikan dalam piring saji.

Puteri Mandi siap dinikmati sebagai hidangan penutup yang lezat. Selamat mencoba resep ini dan nikmati kelezatan Puteri Mandi yang autentik!

Puteri Mandi dalam Budaya Malaysia

Resepi Kuih Puteri Mandi Paling Menarik | Iluminasi

Puteri Mandi memainkan peran yang penting dalam budaya Malaysia, terutama dalam budaya masyarakat Melayu. Hidangan ini sering ditemukan dalam berbagai upacara adat dan perayaan tradisional. Di samping menjadi hidangan penutup yang lezat, Puteri Mandi juga memiliki makna simbolis dan nilai budaya yang kuat.

Dalam majlis perkahwinan Melayu, Puteri Mandi sering disajikan sebagai hidangan istimewa untuk menghormati pengantin wanita. Hidangan ini melambangkan keanggunan dan kelembutan seorang puteri raja. Puteri Mandi juga sering dihadirkan dalam majlis pertunangan, aqiqah, dan majlis-majlis adat lainnya sebagai simbol kemurahan hati dan kegembiraan.

Selain itu, Puteri Mandi juga menjadi hidangan yang populer dalam perayaan-perayaan tradisional seperti Hari Raya, Maulidur Rasul, dan pertemuan keluarga besar. Hidangan ini menjadi bagian integral dari hidangan tradisional yang disajikan untuk bersama-sama merayakan momen penting dalam kehidupan.

Puteri Mandi juga memiliki peran dalam mempromosikan kearifan lokal dan kerajinan tangan tradisional. Proses pembuatan Puteri Mandi yang rumit dan hiasan yang digunakan dalam penyajian menunjukkan kehalusan dan keindahan budaya Malaysia. Ini juga mendorong apresiasi terhadap keterampilan tangan dan seni kuliner tradisional.

Dalam budaya Malaysia yang multietnis, Puteri Mandi juga diakui oleh berbagai kelompok etnis dan sering ditemui di restoran dan kedai makanan. Hal ini menunjukkan bagaimana Puteri Mandi telah melebur menjadi bagian dari kekayaan kuliner Malaysia secara keseluruhan.

Puteri Mandi adalah salah satu hidangan tradisional yang penuh makna dan membangkitkan kebanggaan akan budaya Malaysia. Keunikan, kelezatan, dan makna simbolisnya menjadikannya sebagai ikon kuliner yang mencerminkan warisan dan identitas budaya negara.

Inovasi dan Perkembangan Puteri Mandi

Puteri Mandi telah mengalami inovasi dan perkembangan seiring dengan perubahan zaman. Meskipun tetap setia pada akar tradisinya, beberapa variasi dan penyesuaian telah dilakukan untuk memberikan sentuhan baru pada hidangan ini. Berikut adalah beberapa inovasi dan perkembangan yang terjadi pada Puteri Mandi:

  1. Variasi Rasa: Puteri Mandi telah mengalami inovasi dalam hal variasi rasa. Beberapa tempat makan telah menciptakan varian baru dengan menambahkan bahan-bahan seperti cokelat, kopi, stroberi, dan rasa buah-buahan lainnya ke dalam adonan Puteri Mandi. Ini memberikan pilihan rasa yang lebih beragam dan menarik bagi pecinta Puteri Mandi.
  2. Presentasi Kreatif: Inovasi terjadi dalam presentasi dan penyajian Puteri Mandi. Beberapa restoran dan kedai makanan menghidangkan Puteri Mandi dalam bentuk yang lebih menarik dan kreatif. Misalnya, ada yang menyajikan Puteri Mandi dalam bentuk bunga atau hiasan yang menggambarkan elemen budaya Malaysia. Ini memberikan pengalaman visual yang menarik dan memikat.
  3. Penggunaan Bahan Organik dan Alternatif: Dalam upaya untuk menjaga kesehatan dan kelestarian lingkungan, beberapa inovasi telah dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan organik dan alternatif dalam pembuatan Puteri Mandi. Misalnya, ada yang menggunakan santan kelapa organik atau susu nabati sebagai pengganti santan tradisional. Ini memberikan opsi yang lebih sehat dan ramah lingkungan bagi mereka yang ingin menikmati Puteri Mandi.
  4. Aplikasi Teknologi: Perkembangan teknologi juga telah berkontribusi pada inovasi Puteri Mandi. Beberapa tempat makan menggunakan teknologi modern untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam proses pembuatan Puteri Mandi. Misalnya, ada yang menggunakan mesin pengocok otomatis untuk membuat adonan tepung beras, mempercepat proses pembuatan dan menjaga konsistensi hasil akhir.
Artikel lain:  Daun Ketumbar: Keajaiban Rempah Malaysia

Inovasi dan perkembangan ini menambah kekayaan dan variasi pada Puteri Mandi, menjadikannya hidangan yang tetap relevan dan menarik bagi generasi saat ini. Walaupun inovasi terjadi, tetap diingat bahwa menghormati akar budaya dan nilai-nilai tradisional Puteri Mandi adalah penting untuk menjaga keaslian dan keunikan hidangan ini.

Tips Penyimpanan Puteri Mandi

Puteri Mandi - Azie Kitchen

Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan Puteri Mandi agar tetap segar dan tahan lebih lama:

  1. Simpan dalam Wadah Kedap Udara: Untuk menjaga kesegaran Puteri Mandi, simpan dalam wadah kedap udara yang rapat. Pastikan wadah tersebut benar-benar tertutup rapat untuk mencegah udara dan kelembapan masuk ke dalamnya. Ini akan membantu mencegah penurunan kualitas dan kekenyalan Puteri Mandi.
  2. Simpan di Tempat Sejuk: Tempatkan Puteri Mandi dalam tempat yang sejuk seperti lemari es atau kulkas. Suhu rendah akan membantu menjaga tekstur dan kelezatan Puteri Mandi lebih lama. Hindari menyimpannya di tempat yang terkena langsung sinar matahari atau dekat dengan sumber panas.
  3. Gunakan Penyimpanan yang Tepat: Jika Anda menyimpan Puteri Mandi dalam jumlah yang banyak, pisahkan menjadi beberapa bagian kecil dalam wadah terpisah. Ini memudahkan saat ingin mengambil sebagian kecil tanpa harus menyentuh seluruh hidangan. Pastikan setiap bagian terlindung dengan baik untuk mencegah terjadinya kontaminasi.
  4. Konsumsi dalam Waktu yang Sesingkat Mungkin: Puteri Mandi biasanya memiliki masa simpan yang terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi dalam waktu yang sesingkat mungkin setelah disimpan. Hal ini memastikan Anda dapat menikmati Puteri Mandi dalam kondisi terbaiknya.

Dengan mengikuti tips penyimpanan ini, Anda dapat memperpanjang masa ketahanan Puteri Mandi dan menjaga kualitasnya lebih lama. Namun, tetap diingat bahwa Puteri Mandi tetap memiliki masa simpan terbatas, jadi pastikan untuk mengonsumsinya dalam jangka waktu yang wajar untuk menikmati kelezatan yang terbaik.

Kesimpulan

Puteri Mandi adalah hidangan penutup tradisional yang memiliki keunikan dan kelezatan yang tak tertandingi dalam budaya Malaysia. Dengan tekstur kenyalnya yang khas, rasa manis yang kaya, dan aroma yang menggoda, Puteri Mandi telah menjadi bagian integral dari upacara adat, perayaan, dan pertemuan keluarga. Kelezatan Puteri Mandi juga telah menginspirasi inovasi dan variasi yang menarik, menjaga hidangan ini tetap segar dan menarik bagi generasi saat ini. Selain itu, Puteri Mandi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang dapat dinikmati. Namun, penting untuk menyimpan dan mengonsumsi Puteri Mandi dengan bijak, mengingat kandungan gula dan kalori yang tinggi. Dengan itu, mari kita nikmati Puteri Mandi sebagai simbol keindahan budaya Malaysia dan kelezatan warisan kuliner yang tak tergantikan.

FAQs

Berapa lama Puteri Mandi dapat disimpan?

Puteri Mandi biasanya memiliki masa simpan yang terbatas. Sebaiknya, konsumsi dalam waktu sesingkat mungkin setelah disimpan, biasanya dalam 2-3 hari.

Bisakah saya menggunakan gula pasir sebagai pengganti gula merah?

Gula merah memberikan rasa khas pada Puteri Mandi, tetapi jika tidak tersedia, Anda dapat menggunakan gula pasir sebagai pengganti. Namun, rasa dan warna Puteri Mandi akan sedikit berbeda.

Bisakah saya menggunakan santan kelapa kemasan?

Santan kelapa kemasan dapat digunakan untuk membuat Puteri Mandi. Pastikan untuk memilih santan kemasan yang berkualitas dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

Apakah Puteri Mandi cocok untuk orang dengan diabetes?

Puteri Mandi mengandung gula tinggi, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan bijak oleh orang dengan diabetes. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsinya.

Bisakah Puteri Mandi dibekukan?

Puteri Mandi tidak ideal untuk dibekukan karena dapat mengubah tekstur dan kualitasnya. Sebaiknya, disimpan dalam kondisi segar dan dikonsumsi dalam waktu yang sesingkat mungkin setelah disajikan.